Jl. Soekarno Hatta No.KM. 9, Tondo, Mantikulore, Kota Palu, Sulawesi Tengah

Kurikulum


 Kurikulum, Pembelajaran, dan Suasana Akademik

Kurikulum pendidikan tinggi adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi, bahan kajian, maupun bahan pelajaran serta cara penyampaiannya, dan penilaian yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran di perguruan tinggi.

Kurikulum seharusnyamemuat standar kompetensi lulusan yang terstruktur dalam kompetensi utama, pendukung dan lainnyayang mendukung  tercapainya tujuan, terlaksananya misi, dan terwujudnya visiprogram studi. Kurikulum memuat matakuliah/modul/blok yang mendukung pencapaian kompetensi lulusan dan memberikan keleluasaan pada mahasiswa untuk memperluas wawasan dan memperdalam keahlian sesuai dengan minatnya, serta dilengkapi dengan deskripsi matakuliah/modul/blok, silabus, rencana pembelajaran dan evaluasi.

Kurikulum harus dirancang berdasarkan relevansinya dengan tujuan, cakupan dan kedalaman materi, pengorganisasian yang mendorong terbentuknya hard skills danketerampilan kepribadian dan perilaku (soft skills)yangdapat diterapkan dalam berbagai situasi dan kondisi.

5.1. Kurikulum

5.1.1.a.   Kompetensi lulusan

Tabel 5.1.a

Elemen Kompetensi Kurikulum

Jurusan/Program Studi IESP

Elemen Kompetensi Mata Kuliah Kurikulum Inti (%) Kurikulum Institusional (%)
Kompetensi Utama Kompetensi Pendukung Kompetensi Khusus/Pilihan
Pengembangan Kepribadian (MPK) 3,47 (5 sks) 2,78 (4 sks) 0,00
Keilmuan dan Keterampilan (MKK) 15,97 (23 sks) 20,14 (29 sks) 8,33 (12 sks)
Keahlian Berkarya (MKB) 8,33 (12 sks) 4,17 (6 sks) 8,33 (12 sks)
Perilaku Berkarya (MPB) 12,50 (18 sks) 0,00 (0sks) 4,17 (6 sks)
Berkehidupan Bermasyarakat (MBB) 4,86 (7 sks) 6,95 (10 sks) 0,00 (0 sks)
Total (144 sks) 45,14% (65 sks) 34,03% (49 sks) 20,83% (30 sks)
  1. Kompetensi Utama
Menghasilkan lulusan yang berkualitas keilmuan, kewirausahaan dan mampu mengembangkan diri (self improvement) dalam karir sebagai seorang ekonom. A.1. Kognitif  (Knowledge) Lulusan memiliki kemampuan memahami dan menerapkan pengetahuan tentang prinsip-prinsip dan teori ekonomi untuk memecahkan masalah ekonomi dan mengkomunikasikannya secara baik dan cerdas.   Tabel 5.1.b Konsentrasi dan Kompetensi yang Diharapkan      Konsentrasi Kompetensi Yang Diharapkan Perencanaan Pembangunan dan Kebijakan Ekonomi Publik Mampu menjelaskan tentang model-model perencanaan pembangunan Ekonomi Kependudukan dan Lingkungan Hidup Mampu menjelaskan keterkaitan masalah kependudukan dan pembangunanMampu menjelaskan keterkaitan antara kependudukan dengan lingkungan Ekonomi Moneter dan Perbankan Mampu menjelaskan teori-teori ekonomi moneter dan perbankan Ekonomi Industri dan Perdagangan Mampu menjelaskan teori-teori ekonomi industri Pembangunan Ekonomi Pertanian Mampu menjelaskan prinsip-prinsip ekonomi dalam  usahataniDapat menjelaskan beberapa konsep dasar dan topik pemasaran pertanian   A.2. Psikomotorik (Skill) Lulusan memiliki kemampuan dan keahlian untuk menganalisis isu-isu ekonomi terkini berdasarkan teori ekonomi dan pengalamanyang terjadi pada masa lalu di berbagai Negara, mengkomunikasikan ulasan-ulasan ekonomi baik secara lisan maupun tulisan kepada masyarakat serta melakukan penelitian dimulai dari perumusan masalah,analisis hingga evaluasi hasilberdasarkan pilihan konsentrasi.   Tabel 5.1.c Konsentrasi dan Kompetensi yang Diharapkan Konsentrasi Kompetensi Yang Diharapkan Perencanaan Pembangunan dan Kebijakan Ekonomi Publik Mampu menerapkan salah satu model perencanaan pembangunan dengan kebijakan ekonomi publik yang relevan (sebagai tugas akhir) Ekonomi Kependudukan dan Lingkungan Hidup Mampu mengimplementasikan keterkaitan antara kependudukan dengan pembangunan dan atau keterkaitan antara kependudukan dengan lingkungan (sebagai tugas akhir) Ekonomi Moneter dan Perbankan Mampu melaksanakan analisis ekonomi moneter dan perbankanDapat menggunakan satu atau lebih alat analisis ekonomi moneter dalam melihat fenomena moneter dan perbankan (sebagai tugas akhir) Ekonomi Industri dan Perdagangan Mampu mengaitkan teori-teori ekonomi industri dengan fenomena industri nasional, regional, maupun internasional dalam bentuk aplikasinya Pembangunan Ekonomi Pertanian Mampu menerapkan model-model statistik dalam analisis fenomena ekonomi pertanian   A.3. Afektif (Attitude) Lulusan memiliki sikap: Peka terhadap isu-isu ekonomi dan menghargai kemajemukan pandangan terhadap isu-isu ekonomi. Memiliki kepercayaan diri yang tinggi dan berani dalam mengungkapkan pendapat berdasarkan pengetahuan yang dimiliki.Tekun dalam bekerja dan berusaha dalam memecahkan masalah.
  • Kompetensi Pendukung
Selain kompetensi utama, lulusan diharapkan memiliki kompetensi pendukung sebagai berikut: Keterampilan berkomunikasi secara lisan dan tulisan menggunakan tata bahasa yang baik dan benar.Keterampilan menghimpun, mengolah dan menganalisis data menjadi informasi yang tepat dan cerdas.Keterampilan mempresentasikan informasi dengan menggunakan teknologi informasi.Keterampilan untuk bekerja secara mandiri maupun secara berkelompok.
  • Kompetensi Lainnya/Pilihan
Dalam rangka mewujudkan Visi dan mencapai tujuan pada program studi Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan, secara umum kurikulum disusun untuk menghasilkan sarjana yang berkompetensi di bidang perencanaan pembangunan ekonomi yang sesuai dengan kebutuhan pengguna lulusan. Secara khusus, untuk menampung minat kajian calon lulusan maka diadakan lima kajian/konsentrasi yaitu: perencanaan pembangunan dan kebijakan ekonomi, ekonomi sumber daya manusia dan lingkungan, ekonomi moneter dan perbankan, ekonomi industri dan perdagangan, dan pembangunan ekonomi pertanian.

5.1.1.b. Orientasi Program Studi/Jurusan IESP

Dimasa mendatang, tiap keluaran program studi IESP Universitas Tadulako memiliki keunggulan aplikatif di Kawasan Timur Indonesia dalam bidang ilmu ekonomi, yang berbasis pada makroekonomi dan mikroekonomi, serta lulusan diarahkan profesional di bidang perencanaan pembangunan yang berbasis pada konsentrasi kebijakan ekonomi publik, ekonomi kependudukan dan lingkungan hidup, ekonomi moneter dan perbankan, ekonomi industri dan perdagangan, dan pembangunan ekonomi pertanian

5.1.2. Struktur Kurikulum

5.1.2.a.  Struktur Kurikulum

Berdasarkan pada kurikulum pendidikan tahun 2011, beban studi dalam satuan kredit semester (SKS) adalah sebesar 144 sks. Dalam pemenuhan beban studi tersebut, mahasiswa merencanakan studinya sesuai indeks prestasi yang dicapainya. Pada tiap semester mahasiswa hanya diperkenankan merencanakan studi pada batas maksimum 24 sks.

Secara umum, kurikulum pembelajaran jurusan/program studi IESP sesuai dengan kurikulum berbasis kompetensi tahun 2011.

Tabel 5.1.d

Distribusi Beban Kredit Minimal

Berdasarkan Jenis Mata Kuliahdan

Proporsi Terhadap Total Penawaran SKS

Jenis Mata Kuliah Sks Keterangan
(1) (2) (3)
 Mata Kuliah Wajib         117 1. Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian 9 sks
2. Mata Kuliah Keilmuan dan Ketrampilan 55 sks
3. Mata Kuliah Keahlian Berkarya 18 sks
4. Mata Kuliah Perilaku Berkarya 18 sks
5. Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat 17 sks
 Mata Kuliah Pilihan     27 Untuk Masing-Masing Konsentrasi perencanaan pembangunan dan kebijakan ekonomi publik, ekonomi kependudukan dan lingkungan hidup, ekonomi moneter dan perbankan, ekonomi industri dan perdagangan, dan pembangunan ekonomi pertanian. (Distribusi sks untuk setiap konsentrasi adalah 18 sks untuk mata kuliah pilihan wajib dan 9 sks untuk mata kuliah pilihan lainnya)
Jumlah Total 144  

Pengarahan minat bagi kompetensi yang diminati mahasiswa ditempuh melalui pembagian pada kajian/konsentrasikeilmuan tertentu, yang terdiri dari lima konsentrasi pilihan yakni; perencanaan pembangunan dan kebijakan ekonomi publik, ekonomi kependudukan dan lingkungan hidup, ekonomi moneter dan perbankan, ekonomi industri dan perdagangan, dan pembangunan ekonomi pertanian.

Sebagai pedoman pengarahan dan jaminan bagi ketepatan pemilihan kompetensi yang diminati, maka pada tiap kajian/konsentrasi diberikan distribusi mata kuliah yang diwajibkan perencanaannya bagi setiap mahasiswa sesuai dengan minatnya.

Tabel 5.1.e

Distribusi Mata Kuliah Wajib Konsentrasi

NO KELOMPOK KONSENTRASI KODE MK NAMA MATA KULIAH SKS
1 PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAN KEBIJAKAN EKONOMI PUBLIK EKP 4646 Perencanaan Pembangunan II 3
EKP 4443 Ekonomi Publik II 3
EKP 4755 Seminir Ekonomi Publik 3
EKP 3640 Ekonomi Regional 3
EKP 4650 Evaluasi Sektor Publik 3
EKP 2663 Ekonomi Transportasi dan Perkotaan 3
      Jumlah SKS 18
2 EKONOMI SUMBER DAYA MANUSIA DAN LINGKUNGAN EKP 4646 Perencanaan Pembangunan II 3
EKP 4647 Ekonomi Kesehatan 3
EKP 4544 Analisis Kependudukan 3
EKP 4757 Seminar ESDM dan Ketenagakerjaan 3
EKP 4751 Seminar ESDA dan Lingkungan 3
      Jumlah SKS 15
3 EKONOMI MONETER DAN PERBANKAN EKP 4646 Perencanaan Pembangunan II 3
EKP 4752 Seminar Ekonomi Moneter 3
EKM 3406 Manajemen Perbankan 3
EKP 2464 Ekonomi dan Perbankan Syariah 3
EKM 3404 Manajemen Keuangan 3
EKP 2525 Ekonomi Moneter Internasional 3
      Jumlah SKS 18
4 EKONOMI REGIONAL, INDUSTRI, DAN PERDAGANGAN EKP 4646 Perencanaan Pembangunan II 3
EKP 4649 Ekonomi Pedesaan 3
EKP 2663 Ekonomi Transportasi/Perkotaan 3
EKP 4756 Seminar Ekonomi Industri 3
EKP 4651 Seminar Ekonomi Regional 3
      Jumlah SKS 15
5 PEMBANGUNAN EKONOMI PERTANIAN EKP 4646 Perencanaan Pembangunan II 3
EKP 4442 Ekonomi Pertanian II 3
EKP 4753 Seminar Ekonomi Pertanian II 3
EKP 4565 Agribisnis 3
EKP 4649 Evaluasi Pedesaan 3
      Jumlah SKS 15

5.1.2.b. Struktur kurikulum berdasarkan urutan mata kuliah (MK) semester demi semester:

Tabel 5.1.f

Distribusi Penawaran Mata Kuliah

Berdasarkan Urutan Semester

Smt Kode MK Nama Mata Kuliah* Bobot sks sks MK dalam Kuriku lum Bobot Kelengkapan**** Unit/ Jur/ Fak Penyelenggara
Inti** Insti-tusional Tugas*** Deskripsi Silabus SAP
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9) (10) (11)
I DUM 1101 Pendidikan Agama 2 MKDU
EKP 2106 Matematika Ekonomi 3 IESP
EKP 3128 Pengantar Mikroekonomi 3 IESP
EKP 3129 Pengantar Makroekonomi 3 IESP
EKM 2101 Pengantar Bisnis 3 MANAJEMEN
EKA 2101 Pengantar Akuntansi 3 AKUNTANSI
DUM 2110 Bahasa Inggris I 3 FKIP
DUM 1102 Pengantar Sosiologi 2 FISIP
DUM 1107 PPKN 2 MKDU
                II         DUM 1102 Ilmu Sosial Budaya Dasar 2 FISIP
EKP 2210 Statistik Ekonomi 3 IESP
EKP 3231 Makroekonomi I 3 IESP
EKP 3230 Mikroekonomi I 3 IESP
EKP 5206 Kajian Lingkungan Hidup 2 IESP
EKM 2202 Manajemen 3 MANAJEMEN
EKP 4201 Ekonomi Pembangunan 3 IESP
EKP 4439 Ekonomi Moneter I 3 IESP
DUM 1102 Bahasa Indonesia 2 FKIP
III EKP 2522 Perencanaan Pembangunan I 3 IESP
EKP 2311 Statistik Ekonomi Lanjutan 3 IESP
EKP 2424 Ekonomi Industri 3 IESP
EKP 4335 Ekonomi Publik I 3 IESP
EKP 2323 Ekonomi Pertanian I 3 IESP
EKP 4445 ESDM dan Ketenagakerjaan 3 IESP
EKP 4337 Ekonomi Internasional 3 IESP
EKP 3303 Kewirausahaan 3 MANAJEMEN
IV EKP 4442 Ekonomi Pertanian II 3 IESP
EKP 2512 Ekonometrika 3 IESP
EKP 2327 Bank dan Lembaga Keungan lainya 3 IESP
EKP 2525 Ekonomi Moneter Internasional 3 IESP
EKP 2562 Ekonomi Kependudukan 3 IESP
EKP 3640 Ekonomi Regional 3 IESP
EKM 2302 Pengantar Hukum Bisnis 3 HUKUM
EKP $%#$ ESDA dan Lingkungan 3 IESP
EKA 3504 Akuntansi Sektor Publik 3 AKUNTANSI
EKM 3404 Manajemen Keuangan 3 MANAJEMEN
EKP 4649 Ekonomi Perdesaan 3 IESP
                        V EKP 2501 Aplikasi Komputer untuk Ekonomi 2 IESP
EKP 2502 Ekonomi dan Perbankan Syariah 3 IESP
EKP 4646 Perencanaan Pembangunan II 3 IESP
EKP 4544 Analisis Kependudukan 3 IESP
EKP 4565 Agribisnis 3 IESP
EKP 2613 Metodologi Penelitian 3 IESP
EKP 2316 Sejarah Pemikiran Ekonomi 3 MKDU
EKP 4443 Ekonomi Publik II 3 IESP
EKP 4648 Ekonomi Moneter II 3 IESP
EKP 2663 Ekonomi Transport Dan Perkotaan 3 IESP
EKP 2661 Makroekonomi II 3 IESP
EKP 2660 Mikroekonomi II 3 IESP
EKM 3402 Manajemen Pemasaran 3 MANAJEMEN
VI EKP 2220 Ekonomi Koperasi 3 IESP
EKP 5769 Perekonomian Indonesia 3 IESP
EKM 3406 Manajemen Perbankan 3 MANAJEMEN
EKP 4751 Seminar ESDA dan Lingkungan* 3 IESP
EKP 4752 Seminar Ekonomi Moneter* 3 IESP
EKP 4753 Seminar Ekonomi Pertanian* 3 IESP
EKP 4756 Seminar Ekonomi Industri* 3 IESP
EKP 4651 Seminar Ekonomi Regional* 3 IESP
EKP 4755 Seminar Ekonomi Publik* 3 IESP
EKP 4757 Seminar ESDM dan Ketenagakerjaan* 3 IESP
EKP 4650 Evaluasi Proyek Sektor Publik 3 IESP
EKP 4647 Ekonomi Kesehatan 3 IESP
EKP 4866 Proposal 2 IESP
VII DUM 5870 Kuliah Kerja Nyata (KKN)** 4 IESP
DUM 5871 Kuliah Kerja Profesi (KKP)** 4 IESP
EKP 4867 Skripsi 4 IESP
T O T  A L 189

*  = Mata Kuliah Pilihan Khusus Konsentrasi

** = Pilih salah satu

 

5.1.3      Mata Kuliah Pilihan Dilaksanakan Tiga Tahun Terakhir

Sesuai dengan batas minimal kelulusan, dan merupakan wujud fleksibilitas untuk memberikan keleluasaan bagi mahasiswa dalam menentukan pilihan kompetensi yang diminatinya, maka dari batas beban studi minimal (144 sks) dikelompokkan ke dalam dua jenis mata kuliah, yaitu Mata Kuliah Wajib, dan Pilihan seperti pada tabel 5.1.g berikut:

Tabel 5.1.g

Distribusi Beban Kredit Minimal

Berdasarkan Jenis Mata Kuliahdan

Proporsi Terhadap Total Penawaran SKS

Jenis Mata Kuliah Sks Keterangan (% total sks ditawarkan)
(1) (2) (3) (4)
Mata Kuliah Wajib 117 Yang ditawarkan 117 SKS (61,9%)
Mata Kuliah Pilihan 27 Yang ditawarkan 72 SKS (38,10%)
Jumlah Total 144  

Tabel 5.1.h

Distribusi Mata Kuliah Pilihan

Semester Kode MK Nama MK (pilihan) Bobot sks Bobot Tugas>=20% Unit/ Jur/ Fak Pengelola
(1) (2) (3) (4) (5) (6)
IV EKP 4442  Ekonomi Pertanian II (pk) 3 IESP
IV EKP 2525 Ekonomi Moneter Internasional (pk) 3 IESP
IV EKP 3640 Ekonomi Regional (pk) 3 IESP
IV EKM 3404 Manajemen Keuangan (pk) 3 MANAJEMEN
IV EKP 4649 Ekonomi Perdesaan (pk) 3 IESP
V EKP 2502 Ekonomi dan Perbankan Syariah (pk) 3 IESP
V EKP 4646 Perencanaan Pembangunan II (pk) 3 IESP
V EKP 4544 Analisis Kependudukan (pk) 3 IESP
V EKP 4565 Agribisnis (pk) 3 IESP
V EKP 4443 Ekonomi Publik II (pk) 3 IESP
V EKP 4648 Ekonomi Moneter II (pb) 3 IESP
V EKP 2663 Ekonomi Transport/Perkotaan (pk) 3 IESP
V EKP 2660  Mikroekonomi II (pb) 3 IESP
V EKP 2561  Makroekonomi II (pb) 3 IESP
V EKM 3402 Manajemen Pemasaran (pb) 3 MANAJEMEN
VI EKM 3406 Manajemen Perbankan (pk) 3 MANAJEMEN
VI EKP 4751 Seminar ESDA dan Lingkungan (pk) 3 IESP
VI EKP 4752 Seminar Ekonomi Moneter (pk) 3 IESP
VI EKP 4753 Seminar Ekonomi Pertanian (pk) 3 IESP
VI EKP 4756 Seminar Ekonomi Industri (pk) 3 IESP
VI EKP 4651 Seminar Ekonomi Regional (pk) 3 IESP
VI EKP 4649 Ekonomi Pedesaan (pk) 3 IESP
VI EKP 4755 Seminar Ekonomi Publik (pk) 3 IESP
VI EKP 4757 Seminar ESDM dan Ketenagakerjaan (pk) 3 IESP
VI EKP 4650 Evaluasi Proyek Sektor Publik (pk) 3 IESP
VI EKP 4647 Ekonomi Kesehatan (pb) 3 IESP
Total sks 78    

Keterangan:

Pb = Pilihan bebas     Pk = Pilihan konsentrasi    Sk = Semua konsentrasi

Dari total sks ditawarkan, beban sks minimal yang harus diselesaikan adalah 24 sks dimana sesuai dengan konsentrasi yang diminati mahasiswa yang bersangkutan. Tanpa memberikan batasan maksimal, kelebihan sks yang terpogram oleh mahasiswa yang bersangkutan serta bukan merupakan mata kuliah konsentrasi dianggap sebagai mata kuliah pilihan bebas.

5.1.4.     Substansi dan Pelaksanaan Praktikum/Praktek Mandiri Mata Kuliah

Tabel 5.1.i

Substansi dan Pelaksanaan Praktikum       

No. Nama Praktikum/Praktek Isi Praktikum/Praktek Tempat/ Lokasi Praktikum/ Praktek
Judul/Modul Jam Pelaksanaan
(1) (2) (3) (4) (5)
1 Statistik Ekonomi Konsumsi Rumah Tangga dan Pendapatan Rumah TanggaTingkat Bunga dan Investasi 3×50 Menit Kelas
2 Statistik Ekonomi Lanjutan   3×50 Menit Kelas
3 Pengantar Aplikasi Komputer   2×50  menit Lab Komputer
4 Mikroekonomi I Harga Keseimbangan 2×50  menit Kelas
Nilai Elastisitas Permintaan dan Penawaran 2×50  menit Kelas
Maksimum Utility 2×50  menit Kelas
Maksimum Produk yang dapat dibeli dengan kendala anggaran 2×50  menit Kelas
Keuntungan Maksimum Produsen pada berbagai bentuk pasar 2×50  menit Kelas
5 Makroekonomi I Praktikum Variabel Makroekonomi:KonsumsiTabunganInvestasiPemerintahImpor   2×150 Menit Kelas
Praktikum Model-model Pendapatan Nasional:Ekonomi Tertutup 2 sektorEkonomi Tertutup 3 sektorEkonomi Terbuka   2×100 menit Kelas
Model KeseimbanganPasar BarangPasar Uang Umum 2×100 menit Kelas
6 Perencanaan Pembangunan II Investasi dan Pertumbuhan 1×100 menit Kelas
Perencanaan SektoralPertanian:Komoditi pertanian tertentuUsaha taniPertanian keseluruhan 2×100 menit Kelas
Perencanaan Pembangunan Regional 2×150 menit Kelas
Perencanaan Pembangunan Nasional:Model  investasiModel I-O 2×150 menit Kelas
7 Kuliah Lapang Ekonomi Perdesaan Praktek Kuliah Lapang Ekonomi Perdesaan: Pemetaan Sumber Ekonomi Desa dan Kajian Distribusi Pendapatan 12 x 60 menit Desa

5.2.    Peninjauan silabus/SAP dan buku ajar dalam 5 tahun terakhir

Jelaskan mekanisme peninjauan kurikulum dan pihak-pihak yang dilibatkan dalam proses peninjauan tersebut.  Tuliskan hasil peninjauan tersebut,mengikuti format tabel berikut.

Tabel 5.2

Peninjauan Kurikulum dalam Lima Tahun Terakhir

No. Kode MK   Nama MK MK Baru/ Lama/ Hapus Perubahan Pada   Alasan Peninjauan   Atas Usulan/ Masukan dari Berlaku Mulai Sem./Th.  
Silabus/ SAP   Buku Ajar  
1 2 3 4 5 6 7 8 9
1 DUM 2110 Bahasa Inggris I MK Lama Penyesuaian Kebutuhan Pasar Tim Dosen Pengampu 2010
2 EKP 2106 Matematika Ekonomi MK Lama Penyesuaian Kebutuhan Pasar Tim Dosen Pengampu 2010
3 EKP 2210 Statistik Ekonomi MK Lama Penyesuaian Kebutuhan Pasar Tim Dosen Pengampu 2007
5 EKP 2220 Ekonomi Koperasi MK Lama Penyesuaian Kebutuhan Pasar Tim Dosen Pengampu 2006
6 EKP 2311 Statistik Ekonomi Lanj. MK Lama   Penyesuaian Kebutuhan Pasar Tim Dosen Pengampu 2008
7 EKP 2316 Sejarah Pemikiran Ekonomi MK Lama   Penyesuaian Kebutuhan Pasar Tim Dosen Pengampu 2007
8 EKP 2327 Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya MK Lama   Penyesuaian Kebutuhan Pasar Tim Dosen Pengampu 2009
9 EKP 2424 Ekonomi Industri I MK Lama Penyesuaian Kebutuhan Pasar Tim Dosen Pengampu 2007
10 EKP 2502 Ekonomi dan Perbankan Syariah MK Baru   Penyesuaian Kebutuhan Pasar Tim Dosen Pengampu 2010
11 EKP 2512 Ekonometrika MK Lama   Penyesuaian Kebutuhan Pasar Tim Dosen Pengampu 2006
12 EKP 2522 Perencanaan Pembangunan I MK Lama   Penyesuaian Kebutuhan Pasar Tim Dosen Pengampu 2009
13 EKP 2525 Ekonomi Moneter Internasional MK Lama   Penyesuaian Kebutuhan Pasar Tim Dosen Pengampu 2008
14 EKP 2562 Ekonomi Kependudukan MK Lama   Penyesuaian Kebutuhan Pasar Tim Dosen Pengampu 2009
15 EKP 2613 Metodologi Penelitian MK Lama   Penyesuaian Kebutuhan Pasar Tim Dosen Pengampu 2006
16 EKP 2661 Makroekonomi II MK Lama   Penyesuaian Kebutuhan Pasar Tim Dosen Pengampu 2006
17 EKP 2663 Ekonomi Transportasi/Perkotaan MK Lama   Penyesuaian Kebutuhan Pasar Tim Dosen Pengampu 2007
18 EKP 3128 Pengantar Mikroekonomi MK Lama Penyesuaian Kebutuhan Pasar Tim Dosen Pengampu 2006
19 EKP 3129 Pengantar Makroekonomi MK Lama   Penyesuaian Kebutuhan Pasar Tim Dosen Pengampu 2007
20 EKP 3230 Mikroekonomi I MK Lama Penyesuaian Kebutuhan Pasar Tim Dosen Pengampu 2006
21 EKP 3231 Makroekonomi I MK Lama   Penyesuaian Kebutuhan Pasar Tim Dosen Pengampu 2008
22 EKP 3640 Ekonomi Regional MK Baru Penyesuaian Kebutuhan Pasar Tim Dosen Pengampu 2010
23 EKM 3406 Manajemen Perbankan MK Lama   Penyesuaian Kebutuhan Pasar Tim Dosen Pengampu 2006
24 EKP 4335 Ekonomi Publik I MK Lama   Penyesuaian Kebutuhan Pasar Tim Dosen Pengampu 2008
25 EKP 4336 Ekonomi Pembangunan I MK Lama   Penyesuaian Kebutuhan Pasar Tim Dosen Pengampu 2009
26 EKP 4337 Ekonomi Moneter Internasional MK Baru   Penyesuaian Kebutuhan Pasar Tim Dosen Pengampu 2010
27 EKP 4439 Ekonomi Moneter I MK Lama   Penyesuaian Kebutuhan Pasar Tim Dosen Pengampu 2007
28 EKP 4534 ESDAdan Lingkungan MK Baru   Penyesuaian Kebutuhan Pasar Tim Dosen Pengampu 2010
29 EKP 4544 Analisis Kependudukan MK Lama   Penyesuaian Kebutuhan Pasar Tim Dosen Pengampu 2008
30 EKP 4565 Agribisnis MK Lama   Penyesuaian Kebutuhan Pasar Tim Dosen Pengampu 2007
31 EKP 4646 Perencanaan Pembangunan II MK Lama   Penyesuaian Kebutuhan Pasar Tim Dosen Pengampu 2010
32 EKP 4647 Ekonomi Kesehatan MK Lama Penyesuaian Kebutuhan Pasar Tim Dosen Pengampu 2007
33 EKP 5206 Kajian Lingkungan Hidup MK Lama Penyesuaian Kebutuhan Pasar Tim Dosen Pengampu 2007
34 EKP 5769 Perekonomian Indonesia MK Lama   Penyesuaian Kebutuhan Pasar Tim Dosen Pengampu 2010
35 EKP 4649 Ekonomi Perdesaan MK Baru   Penyesuaian Kebutuhan Pasar Tim Dosen Pengampu 2010

5.3.   Pelaksanaan Proses Pembelajaran

Sistem pembelajaran dibangun berdasarkan perencanaan yang relevan dengan tujuan, ranah belajar dan hirarkinya.

Pembelajaran dilaksanakan menggunakan berbagai strategi dan teknik yang menantang, mendorong mahasiswa untuk berpikir kritis bereksplorasi, berkreasi dan bereksperimen dengan memanfaatkan aneka sumber.

Pelaksanaan pembelajaran memiliki mekanisme untuk memonitor, mengkaji, dan memperbaiki secara periodik kegiatan perkuliahan (kehadiran dosen dan mahasiswa), penyusunan materi perkuliahan, serta penilaian hasil belajar.

5.3.1.   Mekanisme Monitoring Perkuliahan

Kehadiran Dosen dan Mahasiswa Setiap matakuliah memiliki daftar hadir yang berisikan antara lain; daftar hadir dosen mata kuliah yang bersangkutan yang disertai dengan lembaran topik pembelajaran yang telah disajikan, yang diisi dan ditandatanganinya; dan daftar hadir mahasiswa yang harus ditanda tangani setiap mahasiswa yang hadir mengikuti mata kuliah yang bersangkutan setiap tatap muka. Jumlah tatap muka dilaksanakan sebanyak 14 kali diluar Ujian Tengah Semester dan Akhir Semester. Persentase minimal kehadiran mahasiswa dalam perkuliahan ditetapkan sebanyak 75% dari total tatap muka. Kriteria ini merupakan syarat untuk dapat mengikuti Ujian Akhir Semester. Selanjutnya, pada setiap akhir semester petugas administrasi akan menghitung, mengawasi, dan menyaring jumlah persentase kehadiran mahasiswa untuk setiap mata kuliah. b. Mekanisme Penyusunan Materi Perkuliahan Mekanisme penyusunan materi mata kuliah dilaksanakan oleh beberapa dosen pengampu mata kuliah yang bersangkutan di bawah koordinasi seorang dosen yang bertindak sebagai penanggung jawab mata kuliah. Struktur kegiatan perkuliahan untuk 1 SKS ditetapkan terdiri dari 45 menit kegiatan tatap muka terjadwal, 45 menit kegiatan akademik terstruktur tidak terjadwal (dibimbing oleh dosen yang bersangkutan) dalam bentuk tugas atau pekerjaan rumah lainnya; serta 45 menit kegiatan mandiri mahasiswa (pada umumnya atas petunjuk dosen pembina matakuliah, berupa membaca buku referensi, kegiatan belajar kelompok, mencari sumber belajar baru di internet, dan sebagainya). Struktur kegiatan mengajar dalam setiap pertemuan terdiri dari pembukaan, penjelasan, dan penutup. Kegiatan pembukaan mencakup penyampaian rencana topik bahasan, tujuan dan manfaat pembelajaran pada tatap muka tersebut, serta beberapa dosen memanfaatkannya untuk melakukan pretest atau kuis. Uraian materi kuliah mengikuti alur dalam SAP. Media pembelajaran yang digunakan bervariasi, antara lain lembar transparan dan OHP, whiteboard, notebook dan LCD projector yang saat ini masih relatif sangat terbatas. Bagian penutup memuat simpulan materi kuliah, post test dan diskusi, serta penyampaian pokok-pokok materi pada pertemuan yang akan datang. Evaluasi Proses Pembelajaran Pada setiap akhir semester diadakan rapat jurusan untuk mengevaluasi proses pembelajaran yang telah dilaksanakan selama satu semester. Kegiatan evaluasi rutin ini mencakup: evaluasi kehadiran dosen, evaluasi hasil ujian, evaluasi ketepatan penyetoran Daftar Nilai Akhir oleh dosen, dan evaluasikinerja dosen melalui pemberian angket kepada mahasiswapada setiap akhir semester.

5.3.2  Lampirkan contoh soal ujian dalam 1 tahun terakhir untuk 5 mata kuliah keahlian berikut silabusnya.

5.4     Sistem Pembimbingan Akademik

5.4.1    Tuliskan nama dosen pembimbing akademik dan jumlah mahasiswa yang dibimbingnya dengan mengikuti format tabel berikut:

Tabel 5.4.a

Jumlah Mahasiswa Bimbingan Per Dosen

No Nama Dosen Pembimbing Akademik Jumlah Mahasiswa Bimbingan Rata-rata Banyaknya Pertemuan/mhs/semester
1 Prof. Dr. Anhulaila M.P.,SE.,M.S 26 3
2 H. Arsyad Mardani, S.E., M.P. 27 3
3 Dr.Erna Tenge, S.E., M.S. 5 3
4 Prof. Dr. Chairil Anwar, SE.,M.S 24 3
5 Hasan Haris, S.E., M.S. 23 3
6 Mujirin, S.E., M.S. 15 2
7 Armin Muis, S.E., M.P. 27 3
8 H. Aris Muhammad, S.E., M.Si. 27 3
9 Dr. Mauled Moelyono, S.E., M.S. 27 3
10 Drs. Khaeruddin Thaha, M.Hum. 25 3
11 Samuel Yulius Sir, S.E., M.Kes. 28 4
12 Drs. H.Syamsuddin H.M., M.Si. 26 3
13 Dr. Haerul Anam, S.E., M.Si. 27 4
14 Nudiatuhuda Mangun, S.E., M.Si 27 4
15 Eko Jokolelono, S.E., M.Si. 25 3
16 A. Alimuddin Rauf, S.E 27 3
18 Kalvin A. Parinding, S.E., M.Si. 26 3
19 Risman, S.E., M.P. 26 3
20 Drs. Masyur Gani 18 3
21 Dr. Sitti Rahmawati, S.E., M.S. 18 3
22 Dr. Nersiwad, S.E., M.P. 26 3
23 Muhammad Ahlis, S.E., D.E.A. 14 3
24 Laendatu Paembonan, SE.,M.Si 25 3
25 Prof.Dr. Rer. Pol. Patta Tope, S.E 0 3
26 Edhi Taqwa, S.E., M.Si. 25 3
27 H. Yunus Sadding, S.E.,M.S 0 3
28 Dr. Muh. Ichwan, S.E.,M.Kes 22 3
29 Dr. Muhtar Lutfi, S.E., M.Si. 12 3
30 Rudi Faradin, S.E., M.Si. 29 3
31 Dr. Suparman, S.E., M.Si. 14 3
32 Muh. Ichsan Badong, S.E. M.Si. 25 3
33 Muhtar Tallesang, S.E., M.E. 30 4
34 Rita Yunus, S.E., M.Si 36 4
35 Farida Milliastuti, S.E., M.Si. 27 3
36 Andi Herman Jaya, S.E.,M.Si 39 4
37 Yohan, S.E. M.Si 23 3
38 Ahmad Syatir, S.E.,ME 17 4
39 Nurnaningsih, S.E.,ME 19 3
40 Musdayati, S.E.,ME 20 3
41 Anwar Nasruddin, S.E. 0 0
42 Santi Yunus, S.E.M.Si 20 3
43 Adi Arta Kelana Putra, S.E.,M.Si 19 4
  42 916 130
  Rata-rata Mahasiswa/Dosen/Tahun 21,81 3,10

Keterangan:

*    : Diperbantukandi Pemda

5.4.2    Proses pembimbingan akademik  yang diterapkan pada Program Studi ini dalam hal-hal berikut:

Tabel.5.4.b

Mekanisme Proses Pembimbingan Akademik       

No Hal Penjelasan
(1) (2) (3)
1 Tujuan pembimbingan Bimbingan Akademik ditujukan sebagai salah satu media pengawasan kemajuan yang dicapai setiap mahasiswa pada tiap semester.
2 Pelaksanaan pembimbingan Pembimbingan akademik umumnya dilakukan pada setiap awal semester (penyusunan rencana perkuliahan) dan hingga masa akhir semester. Dilaksanakan untuk memberikan bimbingan dan kejelasan kepada mahasiswa mengenai proses yang akan dijalaninya selama dalam menempuh pendidikan, dan kemungkinan-kemungkinan hambatan yang bisa timbul selama masa kuliah.
3 Masalah yang dibicarakan dalam pembimbingan Dalam proses pembimbingan, hal-hal yang dibicarakan terutama mengenai: Permasalahan  dalam proses belajar serta  penguatan motivasi untuk maju kepada mahasiswa serta potensi yang dimiliki mahasiswa; evaluasi hasil studi selama 1 semester; perencanaan mata kuliah yang akan diambil untuk semester yang akan datang yang disesuaikan dengan hasil evaluasi studi sebelumnya; serta mendiskusikan tentang mata kuliah keahlian/konsentrasi yang akan diambil.
4 Kesulitan dalam pembimbingan dan upaya untuk mengatasinya Ketidaksesuaian saat keberadaan Dosen Pembimbing Akademik (PA) dengan waktu kegiatan pembimbingan terutama pada tiap awal dan akhir semester. Kesulitan ini telah dapat diatasi antara lain dengan memanfaatkan teknologi komunikasi sebagai media untuk membuat janji bagi mahasiswa dengan PA atau ditangani oleh jurusan/program studi.
5 Manfaat yang diperoleh mahasiswa dari pembimbingan Melalui Pembimbingan Akademik, mahasiswa memperoleh bimbingan terutama softskill, informasi dan kemampuan adaptasi yang lebih baik untuk mengikuti proses pembelajaran paling tidak selama satu semester ke depan.

5.5     Pembimbingan Tugas Akhir / Skripsi

5.5.1.a.  Ketersediaan Panduan, Sosialisasi Penggunaan Panduan Pembimbingan Tugas Akhir

Ketersediaan panduan pembimbingan tugas akhir (Beri tanda Ö pada pilihan yang sesuai):

√ Ya

Tidak

Sosialisasi dilaksanakan baik sejak mahasiswa masuk perguruan tinggi ataupun secara insidentil dilaksanakan oleh dosen pembimbing akademik mahasiswa yang bersangkutan. Melalui pendekatan aplikatif, pada beberapa mata kuliah tingkat akhir seperti Metode Penelitian dan mata kuliah-mata kuliah seminar melalui pemberian tugas penyusunan usulan/proposal penelitian. Ketersediaan buku pedoman yang setiap saat dapat diambil di lab. studio program studi

5.5.1.b.  Jelaskan pelaksanaan pembimbingan Tugas Akhir atau Skripsi yang diterapkan pada PS ini. 

  • Rata-rata banyaknya mahasiswa per dosen pembimbing tugas akhir (TA) 3,88 Mahasiswa/dosen TA.
  • Rata-rata jumlah pertemuan dosen-mahasiswa untuk menyelesaikan tugas akhir :6 kali mulai dari saat mengambil TA hingga menyelesaikan TA.
  • Nama-nama dosen yang menjadi pembimbing tugas akhir atau skripsi, dan jumlah mahasiswa yang bimbingan satu tahun terakhir sebagai berikut:

Tabel 5.5

Jumlah Bimbingan Tugas Skripsi

Per Dosen dalam Satu Tahun Terakhir

No. Nama Dosen Pembimbing Jumlah Mahasiswa
1 Prof. Dr. Anhulaila M.P.,SE.,M.S 5
2 H. Arsyad Mardani, S.E., M.P. 3
3 Dr.Erna Tenge, S.E., M.S. 0
4 Prof. Dr. Chairil Anwar, SE.,M.S 5
5 Hasan Haris, S.E., M.S. 0
6 Mujirin, S.E., M.S. 0
7 Armin Muis, S.E., M.P. 7
8 H. Aris Muhammad, S.E., M.Si. 7
9 Dr. Mauled Moelyono, S.E., M.S. 9
10 Drs. Khaeruddin Thaha, M.Hum. 3
11 Samuel Yulius Sir, S.E., M.Kes. 8
12 Drs. H.Syamsuddin H.M., M.Si. 9
13 Dr. Haerul Anam, S.E., M.Si. 6
14 Nudiatuhuda Mangun, S.E., M.Si 6
15 Eko Jokolelono, S.E., M.Si. 6
16 A. Alimuddin Rauf, S.E 0
17 Kalvin A. Parinding, S.E., M.Si. 2
18 Risman, S.E., M.P. 4
19 Drs. Masyur Gani 0
20 Dr. Sitti Rahmawati, S.E., M.S. 2
21 Dr. Nersiwad, S.E., M.P. 0
22 Muhammad Ahlis, S.E., D.E.A. 7
23 Laendatu Paembonan, SE.,M.Si 1
24 Prof.Dr. Rer. Pol. Patta Tope, S.E 0
25 Edhi Taqwa, S.E., M.Si. 9
26 H. Yunus Sadding, S.E.,M.S 0
27 Dr. Muh. Ichwan, S.E.,M.Kes 9
28 Dr. Muhtar Lutfi, S.E., M.Si. 7
29 Rudi Faradin, S.E., M.Si. 2
30 Dr. Suparman, S.E., M.Si. 5
31 Muh. Ichsan Badong, S.E. M.Si. 5
32 Muhtar Tallesang, S.E., M.E. 4
33 Rita Yunus, S.E., M.Si 3
34 Farida Milliastuti, S.E., M.Si. 5
35 Andi Herman Jaya, S.E.,M.Si 6
36 Yohan, S.E. M.Si 3
37 Ahmad Syatir, S.E.,ME 3
38 Nurnaningsih, S.E.,ME 4
39 Musdayati, S.E.,ME 3
40 Anwar Nasruddin, S.E. 0
41 Santi Yunus, S.E.M.Si 3
42 Adi Arta Kelana Putra, S.E.,M.Si 6
  Total 167
    3,88

5.5.2    Rata-rata lama penyelesaian tugas akhir/skripsi pada tiga tahun terakhir: 9 bulan.

  • Upaya Perbaikan Pembelajaran

Tabel 5.6

Perbaikan Materi Pembelajaran

Butir Upaya Perbaikan
Tindakan Hasil
(1) (2) (3)
Materi Melaksanakan lokakarya kurikulum.Dibentuknya dosen pengampu mata kuliah.Menyediakan buku-buku textbook terbaru pada ruang baca fakultas dan perpustakaan.Menyiapkan buku ajar perkuliahan.Menyelenggarakan seminar/lokakarya ekonomi. Terbentuknya kurikulum terbaru.Terbentuknya tim dosen pengampu mata kuliah.Tersedianya buku-buku ekonomi terbaru.Tersedianya buku ajar mata kuliahTerselenggaranya seminar/lokakarya ekonomi secara reguler.
Metode Pembelajaran Melakukan studi lapangan (field study).Ceramah dan Diskusi   Membentuk kelompok belajar antar mahasiswa.   Mengadakan praktikum.     Terciptanya link and match.Proses belajar lebih interaktif.Peningkatan prestasi belajar dan menghargai pendapat orang lain.Peningkatan kemampuan/skill mahasiswa pada mata kuliah tersebut.
Penggunaan Teknologi Pembelajaran Mengembangkan Sistem Informasi Akademik.Menyediakan sarana pendukung pembelajaran, seperti infokus, laptop, screen, dllMengembangkan website program studi Tersedianya Sistem Informasi Akademik.Bertambahnya sarana pendukung pembelajaran.Tersedianya website perogram studi IESP
Cara-cara evaluasi Menyebar kuisoner evaluasi perkuliahan di akhir semester dan rapat jurusan.   Adanya peningkatan kualitas dosen dalam proses belajar mengajar.
Pengenalan mahasiswa terhadap dunia kerja Memberikan tugas magang atau Kuliah Kerja Profesi ke instansi pemerintah atau perusahaan sesuai bidang keahlian. Peningkatan pemahaman mahasiswa terhadap dunia kerja.Meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam bersosialisasi dengan masyarakat.Menambah wawasan dan jaringan kerja mahasiswa.
  • Upaya Peningkatan Suasana Akademik.

5.7.1. Kebijakan tentang suasana akademik (berupa otonomi keilmuan, kebebasan akademik, dan kebebasan mimbar akademik)

Salah satu faktor yang sangat menentukan keberhasilan proses belajar-mengajar adalah suasana akademik yang terjadi di lingkungan kampus atau di lingkungan fakultas. Oleh karena itu, program studi IESP memberikan perhatian yang serius demi terbentuknya suasana akedemik yang paling baik, harmonis dan efektif.  Perhatian yang diberikan antara lain berupa penyediaan sarana, kualitas interaksi, pembuatan rancangan suasana akademik, keterlibatan sivitas akademika dalam kegiatan akademik dan pengembangan kepribadian ilmiah.

Otonomi Keilmuan (OK)

Memberi kesempatan kepada dosen untuk mengajar menurut disiplin keilmuan secara profesional baik di internal program studi/fakultas ekonomi Untad maupun di eksternal PT swasta lainnya atau institusi terkait lainnya. Sebaran mata kuliah diberikan dengan mempertimbangkan bidang keahlian, jenjang pendidikan, dan jabatan fungsional dosen.

Kebebasan Akademik (KA)

Memberi kesempatan yang luas kepada seluruh dosen untuk mengembangkan diri secara profesional dalam meningkatkan kemampuan dan kompetensi menurut/sesuai kebutuhan  jurusan /program studi melalui pendidikan dan pelatihan. Upaya ini diwujudkan dalam bentuk mengikutsertakan dosen dalam berbagai pelatihan, seminar, dan konferensi sesuai kompetensinya baik pada tingkat regional/lokal, nasional, maupun internasional. Misalnya Seminar Internasional Asosiasi Ekonom Afrika Utara dan Tunisia di Hammamet, 6-8 Juni 2011, The Pasific Conference Regional Science (PRESCO)-The Regional Science International Association (RSIA)-The Indonesian Regional Science Association (IRSA), di Bandung 2-4 Juli 2013, Konferensi Internasional  The Indonesian Regional Science Association (IRSA) di Makassar 2-3 Juni 2014, dan Konferensi Internasional  The Indonesian Regional Science Association (IRSA) di Bali 3-5 Agustus 2015.

Kebebasan Mimbar Akademik

Memberi keleluasaan dan kesempatan kepada seluruh dosen untuk menyebarluaskan wawasan keilmuan secara profesional dan bertanggung jawab (melalui penelitian, pengabdian kepada masyarakat, penulisan artikel/jurnal, dan lain-lain). Melalui penelitian dilakukan kerjasama penelitian dengan berbagai instansi pemerintah baik daerah maupun pusat seperti Bank Indonesia, PEMDA Kota dan Kabupaten/BAPPEDA, Dinas Kesehatan,  dan BKKBN. Demikian pula pada penulisan artikel/jurnal, penyebaran opini di media cetak serta kegiatan pengabdian melalui penyuluhan tentang perencanaan desa terpadu di beberapa desa di Sulawesi Tengah sebagai wujud respon institusi terhadap implementasi Undang-Undang Nomor 6 Tahunn 2014 tentang Desa.

  • Ketersediaan dan jenis prasarana, sarana dan dana yang memungkinkan terciptanya interaksi akademik antara sivitas akademika

Sebagai institusi publik di bidang pendidikan, faktor pelayanan yang didukung oleh ketersediaan sarana dan prasarana, serta dana sangat menentukan kualitas/mutu. Olehnya, ketiga pilar yang ada (tenaga administrasi, dosen, mahasiswa) harus saling berinteraksi, bersinergi, guna meningkatkan kualitas pendidikan dan mutu hasil pendidikan.

Di lingkungan Fakultas Ekonomi UNTAD, prasarana yang tersedia untuk memelihara interaksi dosen dengan mahasiswa terdiri atas 26 ruang kuliah yang dilengkapi whiteboard, meja dosen, kursi kuliah, dan digytal projector, yang digunakan oleh seluruh program studi di Fakultas Ekonomi; serta satu ruang rapat/senat fakultas.

Sedangkan di lingkungan jurusan/program studi:

Ruang program studi. Ruang program studi selain berfungsi sebagai pusat operasi dan administrasi, sering juga digunakan oleh beberapa dosen untuk memberikan bimbingan atau nasehat penulisan skripsi mahasiswa, pengisian KRS. Artinya, interaksi sesama dosen, antara dosen dengan mahasiswa dan antara sesama mahasiswa tidak hanya terbatas di ruangan kuliah.

Ruang laboratorium program studi. Selain sebagai dapur ilmiah dalam mempersiapkan sarana penunjang kegiatan tri dharma perguruan tinggi, ruang laboratorium program studi IESP juga digunakan sebagai ruang konsultasi mahasiswa terkait dengan rencana penyusunan skripsi.

Meeting Room. Dimanfaatkan untuk seminar-seminar terbatas penelitian dosen, proposal S2 dan S3 serta presentasi hasil penelitian dan ide-ide ilmiah dosen di lingkungan program studi IESP.

Ruang ujian/seminar. Sebagai tempat pelaksanaan seminar proposal dan ujian skripsi.

Ruang sudut baca. Disamping memiliki fungsi utama sebagai ruang baca, ruang sudut baca juga menjadi tempat diskusi dan interaksi antar dosen dengan mahasiswa, serta antar mahasiswa.

Ruang dosen. Ruangan dosen selain digunakan untuk bersosialisasi antar sesama dosen, ruangan ini juga sering digunakan untuk pembimbingan skripsi dan perwalian

Ruang laboratorium komputer. Selain sebagai ruangan khusus Mata Kuliah Pengantar Aplikasi Komputer, ruangan laboratorium komputer sering digunakan untuk kegiatan praktikum mata kuliah tertentu yang membutuhkan dukungan perangkat komputer.

Mini Pantri. Dapur kecil untuk rehat siang dosen dan tenaga kependidikan program studi IESP

Ruang serba guna. Untuk kegiatan besar yang melibatkan seluruh mahasiswa program studi IESP biasanya digunakan ruang BTE I.

Masjid. Dapat dijadikan sebagai tempat diskusi khususnya tentang hal-hal keagamaan dan ekonomi terutama ekonomi islam.

Gazebo. Sebagai tempat diskusi dan rehat mahasiswa/dosen serta Hot-spot Area.

Kantin. Tempat rehat siang dengan berbagai manu makanan dan minuman.

  • Kegiatan Akademik
Program Kegiatan
Transformasi IPTEK Proses belajar mengajar dalam kelas
Meningkatkan kemampuan Information Technology (IT) melalui pemanfaatan laboratorium komputer, seperti pelatihan penyusunan bahan ajar on-line,
Meningkatkan kemampuan penalaran dan kepuasan teori/keilmuan mealui pemanfaatan pemanfaatan perpustakaan fakultas/jurusan
Meningkatkan kemampuan dosen dan mahasiswa dalam mengaplikasikan IPTEK Melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan melibatkan mahasiswa
Meningkatkan kemampuan dosen secara profesional dan bertanggung jawab baik secara mandiri atau bersama-sama Seminar, PEKERTI dan Pelatihan AA, lokakarya, bedah buku dengan melibatkan dosen, mahasiswa, dan admisi. Seperti: Seminar Internasional Poverty and Inequality oleh Prof. Takahiro (Rikkyo University Japan) 2014, Seminar Nasional Membumikan Filsafat Ekonomi oleh Prof. F.X. Sugiyanto, Pelatihan Metode Kuantitatif oleh Prof. Nachrowi (UI),  dan kegiatan akademik lainnya.
Pengenalan kehidupan kampus Dialog, tatap muka antar civitas akademika tentang tugas pokok dan fungsi. Seperti: Ormik, Penerimaan Mahasiswa Jurusan IESP.
Green and Clean Menanam pohon, dan pemeliharaan pohon bagi mahasiswa baru.
  • Interaksi Akademik

       Mutu dan kuantitas interaksi antara sesama dosen pada program studi IESP minimal dilakukan dua kali dalam rapat resmi, yaitu pada setiap awal semester dan akhir semester. Rapat resmi ini belum termasuk rapat atau kegiatan lain yang bersifat eksidental seperti rapat pemilihan ketua/sekretaris program studi. Sedangkan interaksi antara dosen dengan mahasiswa biasanya dilakukan pada saat perkuliahan, kegiatan pelatihan, bimbingan skripsi, seminar, simposium ataupun pada kegiatan lainnya seperti pertandingan atau perlombaan. Selain itu, ada interaksi rutin minimal sekali dalam satu semester antara dosen penasehat akademik dengan mahasiswa asuhannya untuk pengisian KRS, memantau keberhasilan studi, dan membantu memecahkan permasalahan yang terjadi pada mahasiwa selama masa studinya.

       Selanjutnya interaksi antara mahasiswa dengan sesama mahasiswa dapat terjadi pada berbagai kegiatan kemahasiswaan, seperti kegiatan yang dilakukan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi IESP. Interaksi tersebut dimaksudkan untuk menumbuhkan semangat dan silaturrahmi serta menjaga iklim persaudaraan melalui kegiatan seminar, olah raga, kesenian, mengikutsertakan mahasiswa dalam kegiatan lapangan, seperti kegiatan kuliah lapang Ekonomi Perdesaan, gerakan peduli ke desa tertinggal seperti Desa Kalora Kabupaten Sigi tahun 2014, dan kegiatan sosial lainnya.

  • Pengembangan perilaku kecendekiawanan

Pengembangan perilaku kecendikiawanan dapat dilakukan dengan berbagai aktivitas. Antara lain Program studi IESP melaksanakan berbagai kegiatan ilmiah, seperti seminar internasional, mengikuti lomba karya tulis ilmiah, kuliah umum dan sebagainya. Seperti seminar internasional tentang kemiskinan, lomba karya tulis Bank Indonesia, serta kuliah umum dari berbagai instansi pemerintah seperti Bank Indonesia, Bank Sulteng.

       Mendorong dan menciptakan suasana akademik yang dilandasi kompetensi keilmuan dan disertai keimanan melalui kegiatan-kegiatan ilmiah serta kegiatan mahasiswa melalui organisasi kemahasiswaan.

Organisasi kemahasiswaan adalah organisasi intra universitas di lingkungan kampus Universitas Tadulakosebagai sarana dan wahana pengembangan diri mahasiswa ke arah perluasan wawasan dan peningkatan kecendekiawanan serta integritas kepribadian yang dalam aktivitasnya melaksanakan kegiatan-kegiatan untuk peningkatan penalaran, keilmuan, minat, kegemaran dan kesejahteraan mahasiswa, seperti: Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Tadulako (BEMUT), Unit Pengkajian Islam Mahasiswa (UPIM), Koperasi Mahasiswa (KOPMA), Mahasiswa Pencinta Alam (MAPALA), Resimen Mahasiswa (MENWA), dan Lembaga Advokasi Mahasiswa Peduli Narkoba dan Aids (eL-SAM).

Pada tingkat Fakultas Ekonomi, lembaga kemahasiswaan yang ada antara lain: Badan Perwakilan Mahasiswa (BPM), BEM Fakultas, Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan, Manajemen, serta Akuntansi, Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Produktif, MAPALA Galara, Mahasiswa Pencinta Mushollah (MPM) Al-Iqra, Studi Club Bahasa Inggris WELCOME, dan Korps Suka Rela PMI.